Minggu, 21 Februari 2010

ISLAM PADA MASA AL-FARUQ


.1. Perluasan Wilayah Islam


Setelah Abu Bakar meninggal dunia pada tahun
634 M, kaum muslimin memilih Umar sebagai penggantinya. Ketika menjadi khalifah, Umar melanjutkan program pendahulunya, baik yang bersifat eksternal maupun internal. Dalam urusan eksternal, Umar melakukanekspansi ke luar Arab seperti ke Mesir, Iraq, Syiria, sampei wilayah utara mesopotamia. Kekuatan perang Umar sangat tangguh dan sangat disegani, sehingga kekuatan pasukan kerajaan Persia yang terkenal paling kuat, dapat dikalahkan. Sedangkan untuk masalah internal, Umar dengan tegas melakukan pembenahan terhadap orang-orang yang tidak mau membayar zakat, orang-orang munafik serta orang-orang murtad. Karena hal tersebut dianggap sebagai penyakit yang sangat berbahaya. Padaq masa Umar pula, sesuai kondisi saat itu, bentuk jihad yang dilakukan adalah melakukan perang fisik dangan semua musuh-musuh Islam. Bahkan menurut Umar, berjihad membela agama lebih utama dari pada menjalankan ibadah haji. Pernah suatu ketika, ada seorang laki-laki datang kepada Umar, "Ya Amirul Mu`minin, berilah kami bekal untuk jihad," kata laki-laki itu. "Ambillah di Gudang apa yang kamu perlukan," jawab Umar. Ternyata yang tersisa di gudang tinggal gandum, kemudian laki-laki tersebut menghadap umar dan menceritakan kondisi gudang. Secara spontan, Umar langsung mengambil harta miliknya untuk diberikan kepada laki-laki tersebut sebagai bekal berjihad.

Selama pemerintahan Umar, kekuasaan islam tumbuh dengan sangat pesat. Islam mengambil alih Mesopotamia dan sebagian Persia dari tangan dinasti Sassanid dari Persia (yang mengakhiri masa kekaisaran Sassanid) serta mengambil alih Mesir, Palestina, Syiria, Afrika Utara dan Armenia dari kekaisaran Romawi(Byzantium). Sejarah mencatat banyak pertempuran besar yang menjadi awal penaklukan ini. Pada pertempuran Yarmuk, yang terjadi di dekat Damaskus pada tahun 636, 20 ribu pasukan Islam mengalahkan pasukan Romawi yang mencapai 70 ribu dan mengakhiri kekuasaan Romawi di Asia kecil bagian selatan. Pasukan Islam lainnyadalm jumlah kecil mendapatkan kemenangan atas pasukan Persia dalm jumlah yang lebih besar pada pertempuran Qadisiyah(th 363), di dekat sungai Efrat. Pada pertempuran itu, jenderal pasukan Islam yaakni Sa`ad bin Waqqas mengalahkan pasukan Sassanid dan berhasil membunuh jenderal Persia yang terkenal, Rustam Farrukhzad.

Pada tahun 637 setelah pengepungan yang lama terhadap Yerussalem, pasukan Islam akhirnya mengambil alih kota tersebut. Umar diberikan kunci untuk memasuki kota pendeta Sophronius dan diundang untuk shalat di dalam gereja(Church of the Holy Sepulchre). Umar memilih untuk shalat di tempat lain agar tidak membahayakan gereja tersebut. Lima puluh lima tahun kemudian didirikan ditempat ia shalat.

Umar melakukan banyak reformasi secara administratif dan mengontrol dari dekat kebijakan public, termasuk membangun sistem administrative untuk daerah yang baru ditaklukan. Ia juga memerintahkan diselengarakannya sensus di seluruh wilayah kekuasaan Islam. Tahun 638, ia memerintahkan untuk memperluas Masjidil Haram di Mekkah dan Masjid Nabawi di Madinah.

Umar dikenal dari gaya hidupnya yang sederhana, alih-alih mengadopsi gaya hidup dan penampilan para penguasa di jaman itu, ia tetap hidup sebagaimana saat para pemeluk Islam masih miskin dan dianiaya.
Dizaman Umar gelombang ekspansi (Perluasan daerah Islam) pertama terjadi; ibu kota Syiria, Damaskus, jatuh tahun 635 M dan setahun kemudian, setelah tentara Bizantium kalah dipertempuran Yarmuk, seluruh Syiria jatuh dibawah kekuasaan Islam. Dengan memakai Syiria sebagai basis, ekspansi diteruskan ke Mesir dibawah pimpinan `Amr bin `Ash dan ke Irak dibawah pimpinan Sa`ad bin Abi Waqqash. Iskandaria, ibu kota Mesir, ditaklukan tahun 641 M. Dengan demikian, Mesir jatuh ke bawah kekuasaan Islam. Al-Qadisiyah, sebuah kota dekat Hirah dekat Iraq, jatuh tahun 637 M. Dari sana serangan dilanjutkan ke ibu kota Persia, al-Madain yang jatuh pada tahun itu juga. Pada tahun 641 M, Mosul dapat dikuasai. Dengan demikian, pada masa kepemimpinan Umar, wilayah kekuasaan Islam sudah meliputi Jazirah Arab, Palestina, Syiria, sebagian besar wilayah Persia, dan Mesir.

Umar memerintah selama sepuluh tahun (13-23/634-644M). Masa jabatannya berakhir dengan kematian. Dia dibunuh oleh seorang budak dari Persia bernama Abu Lu`lu`ah. Untuk menentukan penggantinya, Umar tidak menempuh jalan yang dilakukan Abu Bakar. Dia menunjuk enam orang sahabat dan meminta kepada mereka untuk memilih salah seorang diantaranya untuk menjadi khalifah. Enam orang tersebut adalah Usman, Ali, Thalhah, Zubair, Sa`ad bin Abi Waqqash, Abdurrahman bin `Auf. Setelah Umar wafat, tim ini bermusyawarah dan berhasil menunjuk Ustman sebagai khalifah, melalui persaingan yang agak ketat dengan Ali bin Abi Thalib.
2. PERADABAN ISLAM
Pada zaman Rasulullah SAW, Umar bin Khattab dikenal sebagai sosok pahlawan Islam paling disegani. Dengan pedang dan tombak, ia membasmi musuh-musuhnya. Itu sebabnya dalam setiap peperangan, Umar selalu berada di barisan depan. Namun siapa sangka dibalik keperkasaanya, Umar justru lebih lembut. Hal itu diantaranya tampakdari cahaya bermunajat kepada Allah. Dan tampak pula dari kepeduliannya yang tinggi pada rakyatnya.
Umar juga dikenal sebagai khalifah yang mula-mula menetapkan system kalender Islam, yang dikenal sebagai kalender HIJRIYAH. Umarlah, seorang khalifah sesudah Nabi wafat, yang menetapkan tahun baru Islam. Disebut tahun hijriyah karena Umar menggunakan peristiwa hijrah Nabi dari Mekah ke Madinah sebagai titik awal penanggalan tahun tersebut. Pada sekitar tahun 17 Hijriah, tahun ke-empat kekhalifaanya, Umar mengeluarkan keputusan bahwa penanggalan Islam hendaknya mulai dihitung saat peristiwa hijrah. Karena alasan hijrah inilah, Umar melakukan beberapa perubahan. Menata masyarakat menuju kehidupan yang berperadaban. Umar juga yang saat itu membangun sistem administrasi pemerintahan sekaligus pengaturan sistem pembiayaan Negara melalui konsep bait al-maal. Umar berhasil melakukan reformasi total untuk mewujudkan kemandirian ummat di tengah-tengah badai ancaman peradaban dunia yang saat itu telah mendahului maju.

نفع الله به قارئه ووفقنى واياه لما يحبه و يرضى امين

0 komentar:


Blogspot Templates by Isnaini Dot Com. Powered by Blogger and Supported by Modern Home Designs